IPC Panjang: Lawan Covid-19 Harus Tetap Survive, “Big Restart Toward A New World”

Oleh Wartawan: Deli Lubis & M.Syahbana

Bandar Lampung: portmediaonline.com:

Ditengah mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas di tanah air saat ini, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC Cabang Panjang yang merupakan pintu gerbang perekonomian di Provinsi Lampung berkomitmen akan terus berupaya untuk menjaga mata rantai logistic agar tetap dapat berjalan lancar dan baik, salah satunya dengan mengimplementasikan budaya Customer Centric yaitu melakukan Visit Customer secara online, melalui Video Conference, Senin (23/3).

Hal ini dinilai menjadi salah satu alternative yang efektif dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di tengah-tengah kondisi saat ini, sesuai anjuran pemerintah, agar sebisa mungkin berusaha untuk tidak melakukan kontak langsung dan menghindari keramaian atau disebut Sosial Distancing.

IPC Panjang telah melaksanakan Customer Visit Online dengan PT Ganjaran Samudera Mandiri yang merupakan The Best Shipping Agent IPC Panjang tahun 2019 dengan Jumlah Cargo terbesar ditahun tersebut. PT Ganjaran Samudera Mandiri juga sangat mengapresiasi langkah-langkah yang ditempuh pihak IPC Panjang dalam menghadapi dan memerangi penyebaran Virus Corona, termasuk dengan menyediakan berbagai macam fasilitas – fasilitas guna pencegahan virus tersebut.

PT Ganjaran Samudera Mandiri menilai bahwa IPC Panjang telah siap, mampu dan serius menangani permasalahan wabah Virus Corona dan juga tetap mampu menjaga mata rantai logistic agar tetap berjalan dengan baik seperti biasa.

Selain itu, dalam video conference yang berlangsung, PT Ganjaran Samudera Mandiri juga menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kinerja Operasional, dari segi Pemanduan, Penundaan dan Penambatan Kapal. Sehubungan dengan hal tersebut, PT Ganjaran Samudera Mandiri dalam waktu dekat ini akan mendatangkan Kapal MV Genco Hunter, GRT 32379, LoA 189.99 M, Draft 12,07 M yang rencana tiba diakhir bulan ini dengan Cargo PKE 51.100 MT.

“IPC Lampung so far Alhamdulillah tetap kondusif dan hingga saat ini semua kegiatan tetap berjalan dengan baik, permasalahan yang kita hadapi saat ini adalah cobaan berat bagi kita semua, tapi kita harus tetap survive, Visit Customer Online adalah salah satu langkah awal, big restart toward a new world,” ujar General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) ll/IPC Cabang Lampung, Drajat Sulistyo, kepada maritimindonesia.co melalui pesan whatsapp, Selasa (24/3).

Menurut Drajat, kegiatan di IPC Lampung tetap berjalan seperti biasa, namun pihaknya juga tetap mengikuti kondisi global saat ini. Dan tetap mengikuti arahan dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah, terkait dengan kondisi pandemi Virus Corona saat ini.

“Kita mencoba menerapkan Visit Customer secara online, sambil kita menanyakan seperti apa kondisi market yang sesungguhnya untuk saat sekarang ini,” tambahnya.

Dia berharap, semoga Customer Visit Online Melalui Video Conference yang telah dilaksanakan itu, nantinya juga dapat diterapkan kepada Stakeholder atau mitra yang lain serta diterapkan pada kegiatan – kegiatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *