BEA CUKAI LAKUKAN BERSIH BERSIH DI KAWASAN IJEN DAN PANTAI KEDUNEN

 

Oleh Wartawan: Deli Lubis & M. Syahbana

 

Bayuwangi, portmediaonline.com:

Aksi bebas sampah mewarnai rangkaian peringatan hari jadi ke 73 Bea Cukai. Kegiatan ini dilakukan didua tempat, yakni Kawasan Ijen dan Pantai Kedunen.

Menurut Kepala Bea Cukai Bayuwangi, R. Evy Suhartantyo, Kawah Ijen merupakan Ikon Pariwisata Banyuwangi, yang terkenal dengan fenomena flue fire-nya. Dikunjungi hingga 3.000 wisatawan perharinya. Namun, tak sedikit dari pengunjung yang meninggalkan sampah dikawasan tersebut.  Hal ini membuat salah satu unsur Sapta Pesona Wisata, yakni bersih-bersih, tidak terpenuhi.

“Untuk itu, pada Selasa (24/9) lalu, Bea Cukai Banyuwangi melakukan aksi Custom Zero Waste, dengan membersihkan sampah dikawasan wisata Kawah Ijen,” katanya pada Wartawan PORT MEDIA.

Lokasi Kedua, kata Evy Suhartantyo, adalah di Pantai Kedunen, yang terletak di Desa Bomo pada (26/9), desa yang layak disebut Desa Bahari, karena sebagian besar masyarakatnya, bermata pencaharian sebagai nelayan.

“Pantai ini tidak banyak dikunjungi wisatawan, namun cukup banyak sampah, tercecer disepanjang bibir pantai,” katanya.

Dalam aksinya, Bea Cukai Banyuwangi menggandeng nelayan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kuda Laut, untuk melakukan kegiatan Customs Zero Waste.

“Terima kasih kepada pihak Bea Cukai, yang telah menyempatkan waktunya untuk membersihkan Pantai Kedunen. Kami nelayarn Desa Bomo sangat berterima kasih, dan harapan kami semoga kegiatan ini tetap dilakukan secara kesinambungan,” ujar Miseno Ketua KUB Kuda Laut, dalam kesempatan yang sama.

Dalam rangka menerapkan ZeroWasteLifestyle, kepada masing-masing pegawai Bea Cukai Banyuwangi membawa tumbler yang berisikan air minum. Hal ini, untuk mendukung program eco-office dan dietplastik yang digalakkan akhir-akhir ini.

“Marilah ciptakan lingkungan yang bersih, eco-office, eco-green. Cintailah Bumi, dan kurangi limbah plasktik,” kata Kepala Bea Cukai, R. Evy Suhartantyo **

 

Editor: Hefli Harun & Vike

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *