Jumat Bermanfaat dengan Bintal dan Pelepasan Tukik

 

Oleh Wartawan: Deli Lubis & Hefli Harun

 

Banyuwangi, portmediaonline.com:

Masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Bea Cukai ke-73, kali ini Bea Cukai Banyuwangi melakukan kegiatan “Jumat Bermanfaat”. Terdapat 2 kegiatan untuk mengisi Jumat (04/10) pagi ini. Diawali dengan Bina Iman dan Mental (Bintal), dilanjutkan dengan Pelepasan Tukik di Pantai Ria Bomo Banyuwangi.

Dikatakan oleh Kepala Bea Cukai Banyuwangi, R. Evy Suhartantyo, Bina Iman dan Mental (Bintal), program nasional yang bertujuan untuk menguatkan integritas pegawai.  Kegiatan Bintal diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Bea Cukai Banyuwangi baik yang beragama Islam, Kristen/Katolik, maupun yang beragama Hindu.

Bagi yang beragama Islam, dilaksanakan Ibadah Sholat Subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan Tausiyah yang dibawakan oleh Ustadz Abdul Karim. Bagi yang beragama Kristen/Katolik dilaksanakan Ibadah Pagi bersama. Sedangkan yang beragama Hindu, dilaksanakan Ibadah bersama dan Kajian “Catur Marga Yoga”.

“Selesai dilaksanakan Bintal, dilanjutkan dengan Pelepasan Tukik di Pantai Ria Bomo Banyuwangi. Di pantai ini terdapat aktivitas pelestarian penyu yang dikerjakan secara mandiri oleh masyarakat setempat. Zona Konservasi Cemara dan Tukik ini berdiri sejak tahun 2017,” katanya pada PORTMEDIA.

Awalnya, jelas Dia, warga sekitar sering menangkap penyu untuk sekadar dijual atau dimakan telurnya. Tetapi, kini mereka sudah sadar bahwa Penyu merupakan hewan yang perlu dilestarikan keberadaannya.

Penyu juga memiliki peranan vital bagi ekologi laut. Dalam melakukan migrasi, penyu juga menyebarkan kesuburan di laut, dengan membantu pertumbuhan terumbu karang dengan memangsa alga yang merupakan kompetitor terumbu karang, menjaga stok perikanan dengan memangsa ubur-ubur yang merupakan predator juvenil benih ikan, dan memangkas helai-helai lamun tua untuk memudahkan lamun muda tumbuh sehingga dapat menjadi habitat perkembiakan ikan.

Konsep edutourism dinilai cocok dikembangkan di pantai yang mendukung pelestarian penyu, seperti Pantai Ria Bomo ini. Obyek wisata seperti ini bisa sekaligus jadi tempat wisatawan, khususnya kalangan pelajar, mendapat pengalaman belajar secara langsung dengan alam, khususnya dunia satwa penyu.

“Rangkaian kegiatan Bea Cukai Banyuwangi ini sejalan dengan tema Peringatan Hari Bea Cukai ke-73. Customs Zero Waste kemarin bertujuan untuk mewujudkan lingkungan bersih demi terciptanya insan yang sehat. Sedangkan Bintal dan Pelepasan Tukik untuk meningkatkan profesionalitas dan integritas pegawai demi terciptanya insan yang cakap dan berintegritas. Semua ini dilakukan untuk menuju Bea Cukai Makin Baik,” kata R. Evy Suhartantyo.**

 

Editor: M. Syahbana & Vike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *