Diduga Tidak Sesuai Mekanisme, Ini Penjelasan Kakanwil DJBC Kepri Terkait Lelang 22.939 Unit Hp Senilai 17 Miliar

 

Oleh Wartawan: Deli Lubis & M. Syahbana

 

TB Karimun, portmediaonline.com:

Kepala Kantor wilayah DCBC Khusus Kepri, Agus Yulianto menjelaskan terkait barang lelang yang diduga kalangan pengusaha menyalahi persyaratan dan mekanisme lelang, serta belum memiliiki izin dari Postel.

Dikatakan Agus dalam pesan Whatsappnya bahwa barang tersebut sudah diserahkan lama ke pihak kejaksaan setelah berkasnya P21, Senin (07/10/19).

“Untuk kasusnya sudah putus di sidang Pengadilan Negeri Karimun. Meski secara fisik barang dititipkan di Bea Cukai. Tanggal 2 Oktober yang lalu sudah diambil kembali oleh Kejaksaan untuk dilakukan eksekusi,” jelas Agus.

Secara detil Agus menjelaskan Jumlah dan jenis barang yang dikeluarkan adalah 22.939 unit HP berbagai macam merk, 46 unit drone, 98 buah remote control beserta battery charging hub.

Menurutnya, permasalahan atas kasus tersebut telah mendapat putusan tetap oleh Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun dengan Petikan Putusan nomor 38/Pid.Sus/2018/PN Tbk.

Ia menjelaskan bahwa pengeluaran barang sudah dilakukan tanggal 02 Oktober 2019  berdasarkan Surat Permohonan dari Kejaksaan Negeri Karimun nomor : 2233/N.10.12/Cu.3/2019 pada tanggal 02 Oktober 2019 perihal : Pencabutan Penitipan Barang Bukti Rampasan.

Kemudian, pencabutan penitipan dilakukan oleh Kejari karena seluruh barang yang dititipkan kepada Kanwilsus DJBC Kepri dengan Berita Acara Penitipan Barang Bukti (BA-6) tanggal 28 Desember 2017 telah terjual secara lelang pada tanggal 20 September 2019 oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam.

Proses serah terima dihadiri dua petugas dari Kejaksaan Negeri sebagai eksekutor Putusan Pengadilan, yang kemudian pihak Kejaksaan akan menyerahkannya ke Pemenang Lelang.

Agus Yulianto mengatakan, untuk lebih jelasnya tentang lelang, penyerahan ke pemenang dan hal-hal terkait, “Silakan konfirmasi langsung ke pihak Kajari Karimun,” terangnya.**

 

Editor: Hefli Harun & Vike

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *