KEDUA KALI DIADAKAN, LANTAMAL X IKUT MERIAHKAN FESTIVAL KOPI PAPUA

Jayapura (Papua). Wadan Lantamal X Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E., M.M., menghadiri Festival Kopi Papua tahun 2019, Bertempat di pelataran gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua, Kamis (21/11/2019).
Festival Kopi ini merupakan,  kali kedua dilaksanakan dan pada tahun ini festival dibuka oleh Wali Kota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M., diawali dengan penabuhan tifa oleh Walikota Jayapura, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Wakapolda Papua, Wadan Lantamal X, Danrem 172/PWY, Dansatrol Lantamal X, Ibu-ibu Dharma Pertiwi Daerah serta tamu undangan sebagai tanda festival telah dimulai yang rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan 23 November 2019.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Naik Tigor Sinaga dalam sambutannya mengatakan Indonesia adalah penghasil produk kopi terbesar ke-4 di dunia, sedangkan dari total produksi kopi yang telah dihasilkan Indonesia, kurang dari satu persennya adalah produk kopi dari Papua. Ini merupakan peluang bagi petani maupun produsen kopi Papua untuk meningkatkan produksinya, sehingga meningkatkan serta mengangkat perekonomian masyarakat Papua.
Pada kesempatan tersebut,  Wali Kota Jayapura, didepan para hadirin dan tamu undangan mengatakan bahwa hari ini kita hadir ditempat ini di Bank Indonesia dalam rangka Festival Kopi Papua yang kedua kali diadakan, dan disini para penggiat kopi,  serta peminum kopi hadir untuk merasakan kopi yang ada di Papua, dan kedepan di Jembatan Youtefa akan kita bangun kedai kopi dengan bantuan dari pemerintah pusat, terakhir saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua yang sudah melaksanakan acara ini.
Wadan Lantamal X didampingi Wakil Ketua Korcab X Ny. Eko Wahyono tampak menikmati festival dengan berkunjung ke stand-stand yang menjajakan dan mempromosikan produknya.
Pada tahun ini ada 40 stand yang disediakan panitia, tidak hanya kopi tapi berbagai jenis produk-produk lokal seperti makanan dan kerajinan, serta pakaian turut menyemarakkan kegiatan ini.
Tidak ketinggalan, Wadan Lantamal X beserta ibu,  menikmati secangkir kopi asli produk Papua yang menurut pecinta kopi memiliki cita rasa tersendiri dibandingkan produk kopi dari daerah lain. Setidaknya ada 11 varietas kopi yang berasal dari Papua, diantaranya kopi Moanemani Dogiyai, Kopi Tiom Lani Jaya, kopi Ambaidiru Kep. Yapen, Kopi Sabin Pegunungan Bintang.
(Dispen Lantamal X/  Jayapura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *