Membina UKM Se-Sumatera, Agar Bisa Melakukan Ekspor

 

Oleh Wartawan: Arif K Suratman Mardja & Deli Lubis

 

Medan, portmediaonline.com:

Kadinsu melakukan Expo dan pelatihan UMKM  – IKM Industri Kreatif  se Sumatera di Asrama  Haji Medan. Acara ini,  berlangsung tanggal, 22 sampai dengan 24  Nopember 2019, selama tiga hari, demikian dimoniter oleh PORTMEDIA-Jakarta

Expo dan Pelatihan tadi dibuka Kadis Perindag Provsu, H, Zonny Waldi, S, Sos, MM,

Dalam pengarahannya selaku pembina, para UKM harus dapat bekerja keras untuk mencapai tujuan dan bisa berhasil,

Dikatakannya, walaupun UKM  yang nampak sebanyak 200 pengusaha, dan di pasar bengkel Kabupaten  Serdang Bedagai, terganggu omset penjualannnya sejak adanya jalan tol.

Solusinya? UMKM yang ada dapat bekerjasama dengan Bina Marga. Tentunya bisa dikasihka, tempat di daerah peristirahatan jalan tol. Dengan demikian, mereka bisa berdagang memajukan produknya-produk lokal.

“Tapi kedepannya, untuk jenis sandang dan pangan harus dapat di eksport  misalnya kopi dan kerajinan tangan serta lainnya,” demikain kata Ketua Kadin-Sumatera Utara, Khairul Mahalli.

Ditambahkan Khairul Mahalli, karena untuk export maka Pelindo 1 Medan sudah siap memfasilitasi. Dijelaskan, bahwa terkait dengan penambahan pelabuhan Kuala tanjung, sangat mendukung.

Dikatakannya, bahwa Dia mengharapkan bisa melakukan export melalui Pelabuhan I Kuala Tanjung.

“Kalau melihat peserta pelatihan se-Sumatera ini, yang diikuti oleh ratusan pengusaha, yang bermacam macam produksinya, dan nantinya pihak Kadinsu akan membantu untuk mengucurkan dana yang diperlukan kepada para pengusaha,” katanya dengan tegas.

Salama pelatihan, Prof, Dr, Ir, Richardus Eko  Indrajit, Msc, MBA,  memberikan motifasi kepada ratusan pengusaha UKM, agar bisa bersaing pada produksi dalam dan luar negeri. Serta perlu dipertajam kualitas produksi dan pemasarannya .

Salah satu peserta UKM, Winda, ditempat terpisah, mengatakan, cara pelatihan dan expo ini sangat berharga bagi kami, dan tentunya akan mendapat menambah wawasan  kedepannya.

“Beberapa hari berikutnya expo berjalan, dapat diminati, warga Medan dan Sumut,” kata Winda.**

 

Editor: Hefli Harun & M/ Syahbana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *