350 Ton Zirkon Akan Diekspor ke Thailand Malam Ini, Bea Cukai Sebut Sudah Penuhi Persyaratan

Oleh Wartawan: Deli Lubis & M. Syahbana

Yetty Yulianti dan Suharyamto

Pangkal Balam, portmediaonline.com:

Sebanyak 350 ton zirkon akan diekspor dari Pelabuhan Pangkalbalam ke Thailand, Kamis (24/9/2020) malam nanti.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pangkalpinang, Suharyanto membenarkan akan dilakukannya ekspor zirkon sebanyak 350 ton dari pelabuhan Pangkalbalam ke Thailand.

Dia mengatakan 350 ton zirkon tersebut dimasukkan ke dalam kontainer yang akan diangkut menggunakan kapal laut.

“Untuk ekspor zirkon ini sudah memenuhi persyaratan dan sudah terbit nota persetujuannya,” sebut Suharyanto kepada MEDIA POST, Kamis (24/9/2020).

Dia mengungkapkan beberapa persyaratan atau pengujian yang dilakukan dalam ekspor zirkon ini meliputi ukuran, kadar dan juga sudah lolos saringan.

“Terkait verifikasi teknis tersebut dilakukan oleh surveyor yang bertangung jawab atas hasil labnya. Hasil ini sudah di-live oleh Sucofindo dan telah menerbitkan LS bukti bahwa sudah memenuhi persyaratan Permendag 96, sementara kita disini hanya melayani,” jelas Suharyanto.

Lebih lanjut, Kepala Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Pangkalpinang, Yetti Yulianti menyebutkan bahwa ekspor zirkon bukanlah larangan melainkan membatasi, dimana boleh dilakukan asalkan sesuai dengan persyaratan-persyaratan tertentu.

“Jadi untuk ekspor zirkon ini lebih membatasi, bukan larangan dan yang tidak boleh diekspor ini yang tidak sesuai spesifikasi. Jika sudah sesuai persyaratan atau spesifikasi boleh di ekspor,” kata Yetti.**

Editor: Hefli Harun & Vike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *